Mungkinkah Negara Tiongkok juga pecah menjadi negara-negara kecil seperti pecahnya Uni Soviet?


0 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
  Yes    Muslim    - TIDAK. Saya cukup optimis Tiongkok tidak akan terpecah belah seperti negara Uni Sovyet. Ada beberapa alasan yang menurut saya bisa memperkuat kenapa negara Tiongkok tidak bakal terpecah belah :





1.Etnis paling dominan adalah etnis Han
Bisa dilihat bahwa etnis Han begitu mendominasi komposisi penduduk yang ada di Tiongkok. Etnis Han memiliki persentase 91% dari total penduduk Tiongkok. Ada total 1 Miliar etnis Han yang tersebar di Tiongkok daratan.
Etnis Han hampir menguasai semua sektor pemerintahan yang ada di Tiongkok. Bahkan di provinsi yang mayoritas Islam seperti Xinjiang, etnis Han tetap ada yang menjabat di posisi strategis.
2. Mengontrol media internet dengan blok Google
Informasi yang disediakan Google benar-benar bebas. Saking bebasnya pornografi sampai berita HOAX tersebar dimana-mana. Saya sempat membaca di Quora Inggris alasan kenapa Tiongkok melarang Google ( link : Why are Google and Facebook banned in China? If Google is banned, then how do Chinese phones have Android?)
Ya benar Google dilarang di Tiongkok meskipun mereka menggunakan Android. Tiongkok melarang Google karena informasi yang salah bisa mengancam keberlangsungan pemerintah Tiongkok. Ada banyak situs yang di blok pemerintah Tiongkok yaitu List of websites blocked in mainland China - Wikipedia.
Justru dengan melarang Google di Tiongkok, Tiongkok membuat Google versi mereka sendiri yaitu Baidu. Facebook versi mereka sendiri yaitu WeChat, Twitter versi Tiongkok yang bernama Sina Weibo, bahkan Quora versi Tiongkok juga ada dengan nama Zhihu. Ada banyak situs atau app versi Tiongkok, silahkan baca disini :The 10 Most Popular Social Media Sites in China (2019).
Tapi menurut saya Tiongkok cerdas, mereka memblokir Google agar warganya bisa diatur dalam mengkonsumsi informasi
3. Sejarah yang panjang
Silahkan dilihat list dinasti yang pernah ada di Tiongkok : Dynasties in Chinese history - Wikipedia. Bayangkan tahun 2070 Sebelum Masehi, Tiongkok sudah memulai sejarahnya.
Tentu mereka sudah pernah menghadapi berbagai situasi. Mulai dari serangan bangsa Mongol hingga penjajahan Jepang. Dengan lamanya sejarah Tiongkok mereka justru begitu kokoh menjadi negara Tiongkok utuh.
Sebenarnya ada faktor lain yang mendukung Tiongkok tidak terpecah belah. Salah satunya pendidikan kenegaraan yang begitu kuat (apalagi mereka Komunis) jadi mau nggak mau ditanamkan rasa nasionalisme yang tinggi.
Secara ekonomi mereka menguasai dunia, lapangan pekerjaan memadai untuk membuat penduduk Tiongkok makmur. Tidak tahu bagaimana kedepannya, untuk saat ini apakah mungkin Tiongkok akan terpecah? saya yakin 100% Tidak


📢 Republished byYesmuslim.info ] 

?? Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Mungkinkah Negara Tiongkok juga pecah menjadi negara-negara kecil seperti pecahnya Uni Soviet?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya. 🙂

Artikel Terkait Lainnya

Portal Muslim Terupdate !





Back to Top
  PERKEMBANGAN    COVID-19  

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini